HOT NEWS !!

kindergarten_paid_teacher_465575Jakarta 18 Juli 2011 Siswa di semua jenjang pendidikan dituntut untuk menjadi pribadi yang santun, mandiri dan kreatif. Hal ini disampaikan Dirjen Pendidikan Menengah Kemendiknas, Baedhowi, dalam upacara pencanangan pendidikan karakter di Lapangan Kota Barat, Surakarta, Senin (18/7).

 

Tiga sifat di atas, merupakan tujuan pendidikan karakter yang saat ini dicanangkan di semua kabupaten/kota di seluruh Indonesia. "Semua wilayah mencanangkan pendidikan karakter, dimana momennya bertepatan dengan tahun ajaran baru. Tujuannya siswa menjadi SMK (Santun, Mandiri dan Kreatif)," kata Baedhowi pada wartawan seusai upacara.

Ada banyak cara untuk penanaman pendidikan karakter di sekolah. Salah satunya dengan menyisipkan pada mata pelajaran yang relevan.

Menurutnya cukup banyak yang bisa disisipi materi pendidikan moral tersebut, di antaranya adalah mata pelajaran geografi untuk kecintaan pada lingkungan, dan mata pelajaran kewarganegaraan serta agama untuk mengajarkan kejujuran. Hanya saja ia menegaskan, tak akan dibuat mata pelajaran yang khusus bermaterikan pendidikan karakter.

Terciptanyanya siswa yang memiliki tiga sifat di atas juga menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan karakter ini. Oleh karenanya, Kemendiknas mengharapkan pendidikan karakter harus dilakukan secara serius dan terus menerus. "Ini merupakan pendidikan moral. Maka lebih cepat lebih baik," katanya.

Sementara itu, saat upacara ia membacakan sambutan Menteri Pendidikan nasional (Mendiknas) mengenai tujuan pendidikan karekter untuk mengeksplorasi potensi peserta didik.

Komponen sekolah harus menyadari posisi peserta didik sebagai makhluk, sehingga akan berlaku santun pada sesama. Kemudian dalam menuntut ilmu, peserta didik dapat diarahkan pada rasa curiousity yang berujung pada kreativitas, serta kecintaan pada bangsa yang berwujud pencapaian prestasi.

Selain itu, Mendiknas juga berpesan agar semua komponen sekolah terus optimis, demi membangun atmosfer pendidikan yang baik.

Sumber: Suara Merdeka

 
Waktu
Pengunjungku
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday178
mod_vvisit_counterThis week968
mod_vvisit_counterThis month6516
mod_vvisit_counterAll1253549
Franchise Corner
Who's Online
We have 48 guests online
Facebook

menyukai

Info TEKNOS Genius Pusat