Pendidikan

Insect_17_by_josgohStudi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Science menunjukkan bahwa sama halnya dengan manusia, serangga juga punya kepribadian.

 

Gene Robinson, Direktur Genomic Biology, dan timnya melakukan riset pada lebah madu. Robinson menemukan, setiap individu lebah memiliki keinginan beragam dan peran yang berbeda dalam komunitasnya. 

Salah satu yang ditemukan Robinson adalah lebah yang berkepribadian petualang. Lebah ini rela mengorbankan diri demi kelompok untuk mencari sumber pangan dan tempat tinggal baru.

Lebah madu petualang yang bertugas mencari rumah baru disebut nest-scout. Sementara itu, lebah madu petualang yang bertugas mencari sumber pangan disebut food-scout.

Lebah madu nest-scout akan mulai beraksi ketika populasi tumbuh pesat dan sarang sudah tak mencukupi. Jumlah lebah madu ini 3,4 kali lebih besar dari lebah madu food-scout.

Dalam penelitian, Robinson mencari penyebab kepribadian petualang pada lebah madu. Ia melakukan analisis genetik, membandingkan lebah madu petualang dan non-petualang.

"Kami menemukan banyak sekali perbedaan dalam ekspresi gen otak antara lebah madu petualang dan non-petualang," kata Robinson seperti dikutip New York Times, Jumat (9/3/2012).

Salah satu bentuk perbedaan adalah ekspresi gen yang terkait dengan senyawa kimia catecholamine,glutamate and gamma-aminobutyric acid atau GABA.

Robinson yang juga pengajar di University of Illinois mengungkapkan bahwa senyawa tersebut memang terkait dengan kepribadian petualang, bukan cuma pada lebah, melainkan juga pada manusia dan vertebrata lain.

Seperti pada manusia dengan kepribadian yang bisa dibentuk, kepribadian pada lebah madu pun bisa dikembangkan dengan memanipulasi jalur neurokimia.

Robinson menuturkan, penemuan ini menunjukkan bahwa manusia dan lebah memiliki peralatan yang sama dalam evolusi perilaku. 

"Sepertinya jalur molekuler yang sama digunakan secara berulang-ulang dalam evolusi untuk melahirkan perbedaan individu dalam mental petualangannya," urai Robinson seperti dikutip Physorg, Jumat.

 

 

 
Waktu
Pengunjungku
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday11
mod_vvisit_counterYesterday155
mod_vvisit_counterThis week1699
mod_vvisit_counterThis month5331
mod_vvisit_counterAll1252364
Franchise Corner
Who's Online
We have 71 guests online
Facebook

menyukai

Info TEKNOS Genius Pusat