HOT NEWS !!

ipb_logoJakarta 6 Maret 2012. Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Yonny Koesmaryono mengungkapkan, peraih medali emas Olimpiade Sains Provinsi dapat diterima di IPB tanpa melalui tes. Kebijakan ini, kata Yonny, merupakan apresiasi terhadap siswa berprestasi. 



Siswa peraih medali emas dalam ajang Olimpiade Sains Provinsi (OSP) juga akan dipersiapkan untuk mengikuti International Olympiad in Informatics (IOI) di Milan, Italia, pada September 2012.

"Bagi peraih medali emas dalam OSN diperbolehkan menjadi mahasiswa IPB tanpa tes melalui jalur Prestasi Internasional Nasional (PIN)," kata Yonny, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2012).

Ia berharap siswa  berbakat mau melanjutkan studi di IPB dan bekerja bersama membangun Indonesia. Hingga awal Maret, IPB dipercaya menjadi tuan rumah pembinaan khusus tahap kedua Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). TOKI Biro IPB Ir Julio Adisantoso, MKom menjelaskan, pembinaan TOKI untuk mempersiapkan peserta mengikuti IOI.

"Pembinaan TOKI ini dalam rangka mempersiapkan peserta yang akan mengikuti IOI di Italia pada September mendatang," kata Julio. 

Julio menjelaskan, pembinaan TOKI yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu bertempat di Kampus IPB Baranangsiang dan melibatkan pengajar dan alumni TOKI dari berbagai perguruan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi yang terlibat, di antaranya, adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan IPB, serta Nanyang Technology University (NTU) Singapura.

Ia mengungkapkan, untuk mempersiapkan peserta yang akan mewakili Indonesia dalam ajang IOI, telah dilakukan penjaringan peserta dari kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA) dengan sistem bertahap dimulai dari perlombaan tingkat kabupaten yang disebut Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK). 

Dari setiap kabupaten diambil sekitar dua siswa terbaik yang akan diikutkan pada Olimpiade Sains Provinsi (OSP), yang selanjutnya dari seluruh provinsi dipilih 100 siswa untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Dari 100 peserta ini dipilih 30 besar terbaik.

"Sebanyak 30 pemenang tingkat nasional ini mendapatkan penghargaan lima mendali emas, 10 medali perak dan 15 medali perunggu," katanya. 

Peserta kemudian diikutkan dalam pembinaan TOKI tahap I yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan diseleksi 16 besar. Ke-16 peserta terbaik inilah yang saat ini mengikuti pembinaan TOKI di IPB dan akan terpilih delapan peserta terbaik.

Selanjutnya, delapan peserta terbaik tersebut diseleksi lagi menjadi empat terbaik. Merekalah yang kemudian menjadi wakil Indonesia mengikuti IOI, demikian Julio.

 

 

 
Waktu
Pengunjungku
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday178
mod_vvisit_counterThis week968
mod_vvisit_counterThis month6516
mod_vvisit_counterAll1253549
Franchise Corner
Who's Online
We have 36 guests online
Facebook

menyukai

Info TEKNOS Genius Pusat