HOT NEWS !!

study-better-800x800Wacana hasil nilai ujian nasional (UN) sekolah menengah atas (SMA) dijadikan alat untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN), bisa-bisa saja. Sementara pelaksanaan UN SMA/SMK/MA dan SMALB, akan digelar 16-20 Apri 2012. 



Hal itu diungkapkan salah seorang panitia lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Prof. Asep Gana Suganda, yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/3).

Menurut Asep, digelarnya UN oleh pemerintah bukan sebagai seleksi masuk ke PTN, melainkan sebagai alat ukur keberhasilan pembelajaran di sekolah. Sedangkan seleksi perguruan tinggi adalah untuk menyeleksi kemampuan calon mahasiswa yang ingin masuk ke PTN.

"Tapi kalau hasil nilai UN mau dimanfaatkan atau digunakan untuk masuk ke perguruan tinggi sah-sah saja, sekalipun hal itu adalah prediktif," ungkapnya.

Dikatakannya, jika tujuan UN itu benar untuk bisa dijadikan seleksi masuk ke PTN, tentunya pelaksanaan dan penyelenggaraannya harus benar. Namun, dalam hal ini masyarakat harus paham yang namanya seleksi, jika tidak terpilih dan tidak bisa masuk ke PTN melalui nilai UN jangan protes.

"Selama ini kan, hasil nilai UN yang diumumkan selalu mendapat protes dari masyarakat maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) pendidikan. Mereka tidak puas dengan penyelenggaraan UN, jika hasilnya jeblok dan anaknya tidak lulus," paparnya.

Asep menyebutkan, dirinya lebih senang jika nilai rapor siswa bisa dijadikan bahan untuk seleksi masuk ke PTN daripada nilai UN.

 

 

 
Waktu
Pengunjungku
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday178
mod_vvisit_counterThis week968
mod_vvisit_counterThis month6516
mod_vvisit_counterAll1253549
Franchise Corner
Who's Online
We have 45 guests online
Facebook

menyukai

Info TEKNOS Genius Pusat