HOT NEWS !!

Education-of-a-Higher-DegreeJakarta 12 Juli 2011  Tahun pelajaran baru 2011/2012 dicanangkan mulainya pendidikan berbasis karakter. Melalui pendidikan, maka diharapkan muncul peserta didik yang memiliki kepribadian kokoh dan memiliki karakter kuat.

“Kita sepakat untuk menjadikan momentum tahun pelajaran baru untuk menjalankan dan mengimplementasikan pendidikan karakter di semua jenjang pendidikan,” kata Wakil Menteri  Pendidikan Nasional Fasli Jalal dalam apel kesiapan sekaligus pencanangan pendidikan berbasis karakter di SMA Negeri 70, Selasa (12/7).

Apel diikuti oleh para guru, tenaga kependidikan dan perwakilan siswa dari sejumlah sekolah di DKI Jakarta. Rencananya, kegiatan juga digelar di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Menurut Fasli yang saat itu bertindak sebagai inpektur upacara, pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

“Tujuan lain pendidikan adalah menjadikan peserta didik berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab,” ujarnya membacakan sambutan tertulis Mendiknas Mohammad Nuh.

Dia mengatakan, dengan pendidikan berbasis karakter, maka semua jenjang pendidikan akan mampu mengeksplorasi potensi peserta didik. Sehingga, manusia Indonesia akan memiliki karakter. Menurutnya, apel dan pencanangan pendidikan karakter adala bentuk kecil dari gerakan yang terjadi di seluruh Indonesia.

“Para pimpinan daerah-mulai dari gubernur, walikota, bupati, kepala dinas dan kepala sekolah bertekad melaksanakan revitalisasi pendidikan karakter melalui upacara yang sama dan dibacakan sambutan Mendiknas,” paparnya.

Meski demikian, kata dia, bukan upacaranya yang penting. “Yang lebih penting adalah adanya semangat untuk bersama-sama membangun kembali pendidikan yang lebih kokoh. Hal itu dimulai dari keinginan murid, guru dan tenaga kependidikan dalam membentuk budaya sekolah yang kondusif untuk bertumbuhnya karakter,” tandasnya.

Dia mencontohkan, nilai-nilai utama pendidikan karakter adalah jujur, bersih, rapi, peduli, etos kerja keras dan bertanggung jawab. Dalam acara tersebut juga dideklarasikan pernyataan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan pendidikan karakter.

Sumber: Suara merdeka

 
Waktu
Pengunjungku
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday178
mod_vvisit_counterThis week968
mod_vvisit_counterThis month6516
mod_vvisit_counterAll1253549
Franchise Corner
Who's Online
We have 75 guests online
Facebook

menyukai

Info TEKNOS Genius Pusat