HOT NEWS !!

pile_of_booksSemarang 4 Pebruari 2011, CyberNews. Pendidikan atau literasi media perlu ditanamkan sejak dini kepada  anak-anak. Sebab, media selalu dekat dalam kehidupan sehari-hari mereka, apalagi  banyak sekali tayangan televisi yang tidak mendidik.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas  Diponegoro (Undip) Turnomo Rahardjo dalam Forum Grup Discussion (FGD) Konsep dan  Pengertian Media Literasi di Indonesia, belum lama ini.

"Fakta telah menyebutkan bahwa tayangan televisi merupakan godaan paling besar bagi anak-anak saat ini. Namun yang disesalkan, tayangan tersebut menjadi tidak mendidik, karena tidak sesuai dengan usia mereka. Ditambah, taman bacaan menjadi tersisih, karena minat baca anak menjadi menurun," jelasnya.

 

Sehingga dengan keadaan ini perlu ada upaya melakukan pendidikan dan pengarahan  terhadap publik tentang apa itu media. Tentang bagaimana proses produksinya, apa isinya, sekaligus dampaknya.

Peneliti Lembaga Studi Pers dan Informasi (LeSPI) Lilik Budihastuti Wiratmo  mengatakan, prioritas atau sasaran literasi media yang efektif adalah kepada anak. Alasan ini karena pemahaman mereka yang terbatas kepada media, namun dalam penyampaiannya juga harus ada filter dari orang dewasa.

"Maka, guru merupakan trainer yang dapat dimanfaatkan sebagai contoh pembelajaran mereka. Salah satu yang harus dilakukan trainer yakni memberikan pengertian kepada anak bahwa tidak sepenuhnya apa yang mereka lihat di televisi itu benar," ungkapnya.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menyampaikan atau memberi pemahaman tentang  literasi media kepada anak-anak. Salah satunya, yaitu dengan melatih guru  pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Guru PAUD merupakan sasaran efektif untuk menyampaikan literasi media kepada anak. Materi literasi media dapat diintegrasikan dalam kurikulum yang diajarkan, dan tentunya dengan cara mudah serta menyenangkan," kata Ketua Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) Gunarto.

Sumber: Suara Merdeka Cybernews


 
Waktu
Pengunjungku
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday178
mod_vvisit_counterThis week968
mod_vvisit_counterThis month6516
mod_vvisit_counterAll1253549
Franchise Corner
Who's Online
We have 44 guests online
Facebook

menyukai

Info TEKNOS Genius Pusat